Home » Berita » Pendidik Sekolah Lab Undiksha Lolos International Joint Conference on STEM Education (IJCSE) 2020

Pendidik Sekolah Lab Undiksha Lolos International Joint Conference on STEM Education (IJCSE) 2020

Singaraja, 19 November 2020. Salah satu tenaga pendidik Sekolah Lab Undiksha atas nama I Made Ari Purwadi, S.Pd., M.Pd.  berhasil lolos dalam event International Joint Conference on STEM Education (IJCSE) 2020 yang di selenggarakan oleh Seameo Secretariat, SEAMEO QITEP in Mathematics (SEAQIM), SEAMEO QITEP in Science (SEAQIS), The Institute for the Promotion of Teaching Science and Technology (IPST) Thailand, bertempat di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Centre, Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 18-19 November 2020.

IJCSE 2020 merupakan wadah bagi para pendidik Matematika dan Sains dari berbagai negara untuk membagikan hasil penelitian dan praktik terbaik yang telah dilakukan terkait isu terkini dalam Pendidikan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM). 

Ari Purwadi mengatakan bermula sering membaca artikel dan jurnal terutama jurnal internasional lalu membuat/merancang inovasi dalam pembelajaran yang kemudian dibuat suatu penelitian, diajukan dalam event tersebut yang akhirnya berhasil lolos seleksi, menjadi salah satu dari 5 penerima grant dari Seameo Qitep in Mathematics.

 Adapun penelitian yang diajukan adalah STEM Learning by Using Lab School Car Model for Understading the Concept of Data Representation and Interpretation. Dalam pembelajaran tersebut Ari Purwadi mengaplikasikan pendekatan STEM untuk membelajarkan siswa pada materi statistik. Siswa mendesain mobil ramah lingkungan lalu mengoperasikan mobil tersebut yang kemudan memperoleh data dari percobaan yang dilakukan. Setelah data diperoleh, siswa menyajikan ke dalam statistical information lalu menginterpretasikannya.

Event IJCSE 2020 bertujuan untuk menyediakan platform internasional bagi pendidik untuk berbagi ide dan pengalaman, mempelajari pengetahuan baru dan praktik terbaik, serta menyebarluaskan hasil penelitian terkini dan memperkuat pendidikan di bidang Pendidikan STEM khususnya di kawasan Asia Tenggara, serta menjalin dan memperluas jaringan kerjasama akademik di tingkat internasional.

Kepala SMP Lab Undiksha, I Made Suantara, S.Pd. mengatakan sangat senang dan bangga Ari Purwadi sebagai guru SMP Lab Undiksha terus mengembangkan kapasitas dan kompetensinya sebagai guru dan berhasil lolos dalam beberapa event baik nasional maupun internasional, seperti sekarang sedang mengikuti International Joint Conference STEM 2020 di Yogyakarta. “Saya berharap apa yang diperoleh bisa dimbaskan kepada guru-guru di sekolah dan diaplikasikan dalam pembelajaran siswa di kelas. Dengan guru yang hebat akan menghasilkan siswa yang berprestasi”.

Direksi & Yayasan selalu mendukung dan merestui upaya peningkatan kompetensi guru yang sudah dilakukan oleh salah satu tenaga pendidik di SMP Lab Undiksha, I Made Ari Purwadi. Kami berharap semua guru bisa mengikuti jejak tersebut sehingga bisa semakin meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Sekolah Lab Undiksha. Salam Ceria

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *