Home » Berita » Sekolah Lab Undiksha Menggelar Piodalan di Hari Raya Saraswati | Lab School News

Sekolah Lab Undiksha Menggelar Piodalan di Hari Raya Saraswati | Lab School News

13502528_1631983900450925_5231724667351085392_o

Singaraja, 26 Juni 2016.

Luar biasa, upacara piodalan serangkaian Hari Raya Saraswati yang berlangsung satu tahun sekali ini selama kurang lebih satu minggu, yang puncaknya Saniscara Watugunung, 25 Juni 2016  berjalan dengan baik dan lancar. Made Resika, selaku ketua pantia piodalan, persiapan-persiapan kegiatan benar-benar harus dilakukan dengan matang. Adapun persiapan awalnnya adalah membentuk panitia, rapat-rapat terkordinasi sehingga tercapai apa tujuan yang di harapkan. Panitia yang terlibat di dalam piodalan ini adalah seluruh Warga Sekolah Lab Undiksha, dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

Kegiatan persiapan ini dimulai tanggal 21 Juni 2016 dengan melakukan matur piuning terlebih dahulu di Parahyangan Sekolah Lab Undiksha, agar dimudahkan dan direstui oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam melaksanakan peran dan tugas yang nanti akan dilaksanakan. Selanjutnya pada tangal 22 Juni 2016 berlanjut kegiatan majejahitan yang di lakukan oleh ibu-ibu guru dan pegawai yang berlangsung di Auditorium Sekolah Lab Undiksha. Selanjutnya tanggal 23 Juni 2016, melanjutkan majejahitan serta metanding dan sore harinya mekarye base oleh bapak bapak guru dan pegawai. Tanggal 24 Juni 2016, kegiatannya adalah mebat,  masang terob, masang wastra, nanceb penjor, metanding, piuning di Pura jagatnatah, Pura Parahyangan Kampus Undiksha dan Pura lainnya serta sore harinya langsung penataan banten di Parahyangan Sekolah Lab Undiksha dan mekemit.  Disela-sela tanggal 24 Juni ini Serangkaian menyambut Hari Suci Saraswati, Siswa dan siswi SMP dan SMA Lab Undiksha berpartisipasi lomba yang dilelenggarakan oleh OSIS SMP dan SMA Lab membuat Pajegan, Daksina, Canang raka, Tamiang/lamak dan Gantung-gantung.. Luar biasa, secara tidak langsung ini memberikan efek samping yang bertujuan untuk lebih mengetahui/ dekat dengan sarana-sarana upakara apa yang digunakan dalam upacara kegamaaan dalam Agama Hindu tentunya. Puncaknya pada hari sabtu, 25 Juni 2016 dengan melaksanakan mecaru, mendak ngubeng ring catus pata, mekala yas, ngelinggihan daksina, katuran petangi, katuran piodal, bhakti sinarengan, dharmawacana dan ngelungsur.

Semua kegiatan yang terlaksana sudah berjalan sangat baik. Peran tugas panitia sangat sangat terkordinasi dalam penyelenggaraan kegiatan piodalan ini. Disela-sela puncak penyelenggarakan Piodalan, Bapak Direktur Sekolah Lab Undiksha, memberikan Dharma Wacana. Adapun inti dari dharma wacana itu adalah menjelaskan hari Raya Saraswati, dimana keseimbangan ilmu pengetahuan dan terknologi dan agama sangat perlu. Apabila dalam menuntut ilmu sedalam-dalamnya tanpa didasari keimanan tidak akan menghasilkan yang diharapkan (disalahgunakan). Maka dari itu perlu dalam mengejar ilmu  harus didasari iman yang baik, dan apabila tidak didasari dengan iman yang baik maka umat manusia akan hancur. Pada hari Raya Saraswati inilah kita bersujud mohon restu agar sinar suci ilmu pengetahuannya bersinar dalam memudahkan aktivitas kita sehari harinya. Salam Ceria.

#admin_sma

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *